Rabu, 22 Februari 2017

CONTOH LAPORAN PKM

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar  (PKM ) tanpa ada hambatan yang berarti. Shalawat serta salam somoga tercurahkan kepada Rasullah SAW, keluarga, sahabat, kerabatnya serta pengikutnya.

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ini dibuat berdasarkan hasil praktek mahasiswa tanggal 10 Maret sampai 12 Maret 2016 di RA Barokatussa’adah Kp.Pangalengan Desa Kutawaringin Kec Salawu Kab.Tasikmalaya Ucapan terimakasih yang sedalamnya penulis haturkan  kepada
1.      Allah SWT
2.      Ibunda dan Ayah tercinta yang senantiasa memberikan doa dan dukungan
3.      Ibu Eli S.Pd., M.Pd.  selaku dosen mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) yang telah meluangkan waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan ini
4.    Ibu Heryani S.Pd, selaku kepala RA Barokatussa’adah yang telah memberi ijin dan membimbing dalam pelaksanaan praktek mengajar di sekolahnya  
5.      Para Tutor dan Rekan-rekan mahasiswa STKIP Panca Sakti yang telah membantu memberikan informasi dan masukan yang dibutuhkan oleh penulis.
Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan. kiranya saran dan kritikan yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan profesional guru. Akhir kata penulis ucapakan terima kasih.
                                                                               Salawu, 13 Maret  2016
                                                                                           Penulis

                                                                                    WINA AUDINA                                                                                                       NIM.8620714150080
KATA PENGANTAR
Puji syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Penyusun dapat menyelesaikan Penyusunan Laporan Hasil Praktek Mengajar di RA Barokatussa’adah Kp. Pangalengan, Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang merupakan salah satu Mata Kuliah S-1 PG.PAUD Semester IV (Empat). Dalam pemantapan, Mahasiswa merancang RKH dan melaksanakan Praktek Pembelajaran.
Dalam penyusunan laporan ini banyak sekali bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat : Ibu Eli, S.Pd., M.pd selaku dosen mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) yang telah meluangkan waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan ini. Heryani, selaku kepala RA Barokatussa’adah yang telah memberi ijin dan membimbing dalam pelaksanaan praktek mengajar di sekolahnya. Guru-guru RA Barokatussa’adah selaku rekan kerja di RA Barokatussa’adah yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKM dan penulisan laporan ini. Semua anak didik di Barokatussa’adah yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKM dan penulisan laporan PKM ini. Teman-teman yang selalu setia membantu dalam pencarian data, sehingga laporan ini dapat tersusun. Teman-teman yang selalu setia membantu terlaksananya tugas Mata Kuliah PKM ini. Ayah dan Ibu yang telah memberi dorongan dan bantuan baik material maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik dari pembaca yang budiman senantiasa kami harapkan. Semoga laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ini bermanfaat bagi peningkatan pendidikan dan peningkatan kemampuan mengajar penulis sebagai guru
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
Latar Belakang........................................................................................................ 1
Tujuan Mengikuti PKM.......................................................................................... 3
Manfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM................................................................... 4
BAB II TEMUAN – TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN............................. 5
Pertemuan ke-1........................................................................................................ 5
Pertemuan ke-2........................................................................................................ 6
Pertemuan ke-3........................................................................................................ 7
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN............................................................... 8
BAB IV PENUTUP.............................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 10
LAMPIRAN.......................................................................................................... 10







LAPORAN HASIL PRAKTEK MENGAJAR
DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) BAROKATUSSA’ADAH
KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA




Disusun Oleh :
WINA AUDINA
8620714150080



SEKOLAH TINGGI  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PANCA SAKTI
BEKASI
2016
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK MENGAJAR

Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) dengan data sebagai berikut :
Nama                                                   : Wina Audina
NIM                                                    : 8620714150080
Tempat Pelaksanaan Mengajar            : RA Barokatussa’adah
Kelompok                                           : A
Alamat                                                : Kp.Pangalengan RT/RW 11/02
Waktu Pelaksanaan                             : 10 Maret 2016 sd/ 12 Maret 2016
Telah diterima dan disahkan sebagai syarat untuk mengikuti ujian PKM S1-PG.PAUD STKIP PANCASAKTI
Mengesahkan,
Kepala Sekolah
RA Barokatussa’adah


HERYANI

Mahasiswa


WINA AUDINA



LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)


Pada hari ini Kamis Tanggl 13 Bulan Maret Tahun 2016 telah diperiksa dan disahkan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar yang dilaksakan di RA Barokatussa’adah Kp.Pangalengan Desa Kutawaringin Kec Salawu Kab.Tasikmalaya Tanggal 10  Maret s/d 12 Maret 2016
Mahasiswa


WINA AUDINA
NIM. 8620714150080           

Mengetahui,
Kepala Sekolah RA Barokatussa’adah                          Pembimbing



HERYANI,  S.Pd                                                      ELI S.Pd., M.Pd.
NIP. ……………..........                                             NIP. ……………..........  








LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN REFLEKSI
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )


Nama Mahasiswa          : WINA AUDINA
N I M                               : 8620714150080
Program Studi               : S-1 PGPAUD

           
           


Salawu, 12 Maret  2016


             Menyetujui
             Pembimbing                                                                  Mahasiswa



         ELI S.Pd., M.Pd.                                                          WINA AUDINA
         NIP. ………………………..                                         NIM. 8620714150080



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembuatan Laporan
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil belajar yang optimal. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar.
Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan secara profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Mengajar merupakan suatu keahlian professional seseorang yang harus dibentuk melalui sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis, yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mantap.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula.
Melalui mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) , guru yang menjadi mahasiswa S1 PAUD dibekali dengan kemampuan mengelola pembelajaran secara efektif. Kompetensi yang diharapkan pada mata kuliah ini agar mahasiswa mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang pengajar dan pendidik.
Seorang guru harus bisa mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya untuk melihat dan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran yang disampaikan  kepada peserta didik. Untuk itulah kegiatan refleksi sangat diperlukan.
Refleksi adalah kegiatan berfikir dan berdialog dengan diri sendiri tentang perilaku mengajar yang telah, sedang, dan yang telah dilakukannya. Dengan melakukan refleksi kesalahan dalam proses pembelajaran akan cepat dianalisis dan diperbaiki sehingga hasil belajar siswa meningkat.

B. Tujuan Mengikuti Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
Peran guru sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus yang unggul dalam masa mendatang, maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang khusus mata kuliah yang dapat menunjang guru TK/RA dalam meningkatkan kualitas mengajarnya, salah satu mata kuliah itu adalah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Adapun tujuan dalam mengikuti PKM adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
2. Supaya dapat menjadi guru yang profesional.
3. Berwawasan luas dalam pendidikan anak usia dini.
4. Supaya lebih mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik.
5. Supaya dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran terpadu.
6. Supaya dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya di dalam mengajar melalui refleksi.
7. Supaya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam mengajar.
8. Supaya lebih mampu dalam menguasai dan mengelola kelas.
9. Supaya dapat mempertanggungjawabkan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip keilmuan pendidikan anak usia dini.
C. Manfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM
Seorang guru TK/RA akan mendapatkan manfaat setelah mengikuti mata kuliah PKM ini, antara lain :
1. Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh melalui tindak mengajar yang di praktekkan.
2. Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam mengajar.
3. Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4. Akan mempunyai kemampuan dalam mengajar pendidikan anak kelompok A dengan usia 4-5 tahun dan kelompok B dengan usia 5-6 tahun.
5. Akan dapat lebih memahami dalam merancang dan menyusun RKH untuk anak
6. Dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih banyak dan lebih luas dalam mengelola kelas.
7. Akan lebih mampu mengadakan fariasi-fariasi dalam metode pembelajaran dengan penggunaan media dan sumber belajar yang ada di kelas.
8. Dapat  mengetahui kekurangan-kekurangan dan kelebihan dalam mengajar.















BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Pertemuan ke-1 Kamis, 10 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah:
Lambatnya dalam berkomunikasi terhadap anak yang murung sehingga dalam melaksanakan tugas lamban. (ada salah satu anak yang bernama Nuraziz tidak mau kedepan untuk membacakan Asmaul Husna bersama teman-temannya)
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurang peka terhadap anak yang murung tersebut sehingga komunikasi agak lamban. (Guru kurang sigap dalam mengatasi anak yang tidak mau kedepan untuk membacakan Asmaul Husna bersama teman-temannya)
3. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Dapat menciptakan kondisi anak-anak dengan tertib dan terkendali. (anak anak duduk dengan rapi dan tidak ada yang berlari-lari didalam kelas seperti biasanya)
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Sudah mempelajari Rencana Kegiatan Harian yang dibuat sehari sebelum pembelajaran berlangsung juga dapat membujuk anak yang murung untuk melakukan tugasnya walaupun agak lambat.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Pada saat kegiatan Melompat dengan ketinggian 25 cm, anak-anak berebut untuk melompat lebih dahulu.
6. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-1, rencana beliau berikutnya adalah :
Ibu Santi harus belajar lebih peka terhadap anak dan harus memberikan motivasi terhadap anak.
B. Pertemuan ke-2 Jum’at, 11 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Penggunaan alat/sumber belajar yang kurang bervariasi. Dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan tema keluargaku guru kurang memvariasikan alat dan sumber belajar anak hanya disuruh menyebutkan anggota keluarga saja.
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurangnya kreatifitas guru dalam menyiapkan alat/sumber belajar sehingga anak-anak kurang tertarik. Ada sebagian anak yang bernama Resa dan Ramdan yang kurang memperhatikan proses belajar dan malah asik sendiri mencorat coret meja
3. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Rekan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran dengan tepat dari kegiatan awal sampai kegiatan inti dan dapat mencapai indikator yang telah ditentukan walaupun ada anak yang lamban dalam melaksanakan tugasnya.
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Rekan sudah mempelajari Rencana Kegiatan Harian yang saya buat sehari sebelum pembelajaran berlangsung.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Pada saat menyanyikan lagu semua siswa siswi dengan gembiranya sambil bergaya dan berlenggak-lenggok.
6. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-3, rencana  berikutnya adalah :
Rekan harus  lebih mempersiapkan alat/sumber belajar yang lebih bervariasi lagi. Misalnya dengan menyiapkan beberapa gambar keluarga, atau anak disuruh membawa foto-foto keluarganya atau video tentang keluarga sehingga anak merasa senang dan antusias mengikuti pelajaran
C. Pertemuan ke-3 Sabtu, 12 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Kurangnya dalam pengelolaan kelas sehingga ada anak yang menimbulkan masalah dan proses pembelajaran sedikit terganggu dan ada salah satu anak yang tidak mau melakukan kegiatan mencocok. Ada anak yang bernama Sahrul yang tidak mau mengikuti kegiatan  mencocok bentuk buah Apel dan malah berlari-lari dalam kelas sehingga menggangu proses pembelajaran
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurang memahami dan memberi respon positif pada anak yang menyebabkan masalah. Guru kurang dapat membujuk anak yang terus berlari didalam kelas
3. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Anak-anak cukup baik dalam melaksanakan tugasnya, walaupun sempat terjadi keributan sedikit.
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Rekan dapat memusatkan kembali perhatian anak-anak, sehingga mereka berhenti dari keributan dengan memberikan acungan jempol dan memberi cap bintang di tangan bagi anak-anak yang mau melakukan tugasnya.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah :
Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung anak yang bernama Azka tidak mau melempar bola masuk keranjang basket namun dia mempunyai inisiatif untuk menggantikan tugas melempar dengan mewarnai gambar buah apel yang tadi telah dicocoknya walaupun tidak begitu rapi.
6. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-4, rencana saya berikutnya adalah :
Rekan lebih mempelajari lagi karakteristik anak-anak, harus lebih melakukan pendekatan dan motivasi lagi terhadap anak yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.











BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil pelaksanaan praktek pengajaran yang telah saya lakukan, dapat saya ambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Secara umum kelemahan pembelajaran yang  dilakukan adalah :
a . Media pembelajaran yang  digunakan terlalu kecil.
b. Kurang memahami karakter anak.
c . Dalam penggunaan alat/sumber belajar kurang bervariasi.
d. Pengelolaan kelas yang masih banyak mengalami kekurangan
2. Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah :
a. Kurang persiapan dalam pembelajaran baik di alat, sumber maupun media pembelajaran.
c. Dalam hal kreativitas  masih banyak kekurangan.
d. Belum sepenuhnya memahami dan mengenali karakter anak satu per satu.
3. Secara umum kelebihan pembelajaran yang  dilakukan adalah :
a. Rekan dapat memusatkan kembali perhatian anak-anak sehingga dapat tercipta suasana yang tertib dan terkendali.
b. Penataan kegiatan alokasi waktu proses dan hasil belajar tepat dan efektif.
c. Komunikatif dan pendekatan terhadap anak sehingga mereka dapat menyelesaikan tugasnya.
4. Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah :
a. Sebelum pembelajaran berlangsung rekan sudah menyusun Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang merupakan penjabaran dari Rencana Kegiatan Mingguan dan sudah mempelajarinya.
b. Rekan selalu memberikan penghargaan dan motivasi terhadap anak.
5. Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan adalah :
a. Harus selalu menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan tentang pembelajaran dan pendidikan anak usia dini.
b . Harus  lebih mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan.
c. Harus lebih aktif berkomunikasi dengan anak-anak.
B. Saran dan Tindak Lanjut
Berdasarkan kesimpulan tersebut diatas, hal-hal yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah :1. Pendidik hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang dapat memotivasi anak.
2. Sebelum pembelajaran berlangsung, pendidik hendaknya menguasai materi terlebih dahulu.
3. Sebelum pembelajaran berlangsung, pendidik hendaknya mempersiapkan alat/sumber belajar yang akan digunakan.
4. Dalam menyampaikan materi, hendaknya dibantu dengan benda konkrit.
5. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik dituntut untuk kreatif dan inovatif.
6. Pendidik harus bisa mengembangkan indikator-indikator dalam membuat kegiatan 
pembelajaran.
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Kamis, 10 Maret 2016             Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 2                   Tema / Sub.Tema : Pekerjaan / Pedagang / Warung Nasi
NILAI
Nomor Indikator
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT / SUMBER
PENILAIAN
Karakter
Kewirausahaan
Alat
Hasil




Iqra







I. Kegiatan Awal ( 30 menit )



Disiplin


Pembiasaan
Berbaris, Ikrar



Religius

1.1.1.1
Membaca do’a sebelum kegiatan
Berdo’a sebelum belajar







ASK





1.9.1.47
Berani tampil di depan umum
Bernyanyi lagu tema pekerjaan di depan temen teman
Langsung






PAI





2.2.2.21
Menirukan gerakan shalat
Praktek shalat dhuha
Mukena,sarung






MOTORIK KASAR





5.3.4.14
Berjalan maju pada garis lurus
Berjalan diatas meja







II. Kegiatan Inti ( 60 menit )







BAHASA





3.6.1.14
Menjawab pertanyaan tentang informasi sederhana
Menjawab pertanyaan tentang kegunaan dari nasi yang diketahui anak, rasanya bagaimana, dll
Langsung






KOGNITIF





4.3.1.5
Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
Mengungkapkan asal mula terjadinya / proses pembuatan nasi dari asalnya padi hingga menjadi nasi.
Gambar






III. ISTIRAHAT ( 30 menit )







Cuci tangan, Makan, Minum







Bermain







IV. Kegiatan Akhir







MOTORIK HALUS





5.12.3.52
Mengekspresikan diri secara bebas
Menirukan beberapa gerakan pohon tertiup angin
Langsung






KESEHATAN FISIK






Pemeriksaan rambut








EVALUASI







-Berdiskusi dengan anak tentang kegiatan hari ini dan







Informasi untuk besok







-Do’a sesudah kegiatan







-Tutup/Pulang



                                   
                                                                                                                                                                                                                 Kutawaringin, 10 Maret 2016
Mengetahui    
Kepala RA Barokatussa’adah                                                                                                                                                                         Guru kelompok A


HERYANI                                                                                                                                                                                                  SANTI PURWANTI










RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Jum’at, 11 Maret 2016                     Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 2          Tema / Sub.Tema : Pekerjaan / Pengendara / Sopir
NILAI
Nomor Indikator
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT / SUMBER
PENILAIAN
Karakter
Kewirausahaan
Alat
Hasil




Iqra







I. Kegiatan Awal ( 30 menit )







Berbaris, Ikrar







Berdo’a sebelum belajar







ASK





1.3.1.6
Meminta tolong dengan baik
Mau meminta tolong dengan lembut dan baik ketika membutuhkan bantuan orang lain, termasuk saat naik dan turun mobil
Langsung






PAI





2.1.1.1
Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
Menyebutkan manusia sebagai ciptaan allah termasuk beberapa pekerjaan yang diketahui anak salah satunya pekerjaan sebagai sopir
Langsung






MOTORIK KASAR





5.12.3.52
Mengekspresikan diri secara bebas
Menirukan gerakan berjalan maju dengan berlenggak lenggok ke kanan dan kiri seperti gerakan mobil 
Langsung






II. Kegiatan Inti ( 60 menit )







BAHASA





3.15.1.42
Bercerita tentang gambar yang di sediakan
Bercerita tentang warna- warna dari beberapa mobil yang ada di gambar yang disediakan guru
Gambar mobil






KOGNITIF





4.3.1.5
Menceritakan perbedaan dua buah benda
Menceritakan perbedaan sopir dan kondektur
Gambar






III. ISTIRAHAT ( 30 menit )







Cuci tangan, Makan, Minum







Bermain







IV. Kegiatan Akhir







MOTORIK HALUS





5.9.1.38
Mencocok dengan pola buatan guru
Mencocok bentuk mobil
Gambar mobil, bolpoint






KESEHATAN FISIK






Pemeriksaan rambut








EVALUASI







-Berdiskusi dengan anak tentang kegiatan hari ini dan







Informasi untuk besok







-Do’a sesudah kegiatan







-Tutup/Pulang



                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Kutawaringin, 11 Maret 2016
                                    Mengetahui    
                        Kepala RA Barokatussa’adah                                                                                                                                                 Guru kelompok A


HERYANI                                                                                                                                                              SANTI PURWANTI





RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Sabtu, 12 Maret 2016           Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 2                     Tema / Sub.Tema : Pekerjaan / Pengendara / Pilot
NILAI
Nomor Indikator
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT / SUMBER
PENILAIAN
Karakter
Kewirausahaan
Alat
Hasil




Iqra







I. Kegiatan Awal ( 30 menit )







Berbaris, Ikrar







Berdo’a sebelum belajar







ASK





1.3.2.23
Memiliki toleransi terhadap sesama
Menerangkan keharusan tentang saling tolong menolong dengan teman sekelas
Langsung






PAI





2.1.1.3
Menyebutkan beberapa asmaul husna
Melafalkan bacaan asmaul husna sesuai yang di ketahui anak
Langsung






MOTORIK KASAR





5.3.2.8
Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
Meloncat dari ketinggian 30 cm
Langsung






II. Kegiatan Inti ( 60 menit )







BAHASA





3.5.1.13
Mengulangi kalimat sederhana
Mengulangi kalimat yang di ucapkan guru
“Cita-cita Budi ingin menjadi Pilot”
Langsung






KOGNITIF





4.18.1.59
Meniru pola dengan berbagai bentuk
Menggambar pilot sesuai dengan pola yang di berikan guru
Pola gambar pilot, pensil






III. ISTIRAHAT ( 30 menit )







Cuci tangan, Makan, Minum







Bermain







IV. Kegiatan Akhir







MOTORIK HALUS





5.9.1.38
Mencocok dengan pola buatan guru
Mencocok bentuk seorang Pilot
Gambar pilot, bolpoint






KESEHATAN FISIK






Pemeriksaan kuku








EVALUASI







-Berdiskusi dengan anak tentang kegiatan hari ini dan







Informasi untuk besok







-Do’a sesudah kegiatan







-Tutup/Pulang



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Kutawaringin, 12 Maret 2016
                                    Mengetahui    
                        Kepala RA Barokatussa’adah                                                                                                                                                 Guru kelompok A


HERYANI                                                                                                                                                                SANTI PURWANTI



BAB IV
PENUTUP
Puji syukur yang tiada henti penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulis telah dapat menyelesaikan laporan hasil kegiatan praktek mengajar di RA Barokatussa’adah Kp. Pangalengan Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Penulis menyadari dalam penyusunan laporan PKM masih banyak kekurangan dan kekeliruan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan sumbang saran yang membangun. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya penulis ucapkan terimakasih.












DAFTAR PUSTAKA
Literatur : Tim PKM PGPAUD.
Panduan Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) Program S1  PGPAUD STKIP PANCASAKTI.
http//www.beritabaru.RachmatEffendi seputar Pemantapan Kemampuan Mengajar
PeraturanPemerintah No.16 Tahun 2007 tentang StandarKualifikasiakademikdanKompetensi guru.
DepartemenPendidikanNasional 2002 Tentang StandarKompetensi Guru Kelas SD / Mi
Coper, JM, Dkk. 1997 Classroom Teaching Skills.
A. Handbool. Massachusetts : D.C. Heats and Company
Tim FKIP-UT. 1987. AlatPenilaianKemampuan  Guru (APKG).Jakarta : FKIP-UT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar