KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM ) tanpa ada hambatan yang
berarti. Shalawat serta salam somoga tercurahkan kepada Rasullah SAW, keluarga,
sahabat, kerabatnya serta pengikutnya.
Laporan Pemantapan Kemampuan
Mengajar ini dibuat berdasarkan hasil praktek mahasiswa tanggal 10 Maret sampai
12 Maret 2016 di RA Barokatussa’adah Kp.Pangalengan Desa Kutawaringin Kec Salawu
Kab.Tasikmalaya Ucapan terimakasih yang sedalamnya penulis
haturkan kepada
1. Allah
SWT
2. Ibunda
dan Ayah tercinta yang senantiasa memberikan doa dan dukungan
3. Ibu
Eli S.Pd., M.Pd. selaku
dosen mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) yang telah meluangkan
waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan ini
4. Ibu Heryani
S.Pd, selaku kepala RA Barokatussa’adah yang telah memberi ijin dan membimbing
dalam pelaksanaan praktek mengajar di sekolahnya
5. Para
Tutor dan Rekan-rekan mahasiswa STKIP Panca Sakti yang telah membantu
memberikan informasi dan masukan yang dibutuhkan oleh penulis.
Penulis menyadari bahwa dalam proses
penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan. kiranya saran dan kritikan yang
bersifat membangun sangatlah penulis harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat
bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan
profesional guru. Akhir kata penulis ucapakan terima kasih.
Salawu,
13 Maret 2016
Penulis
WINA AUDINA NIM.8620714150080
KATA
PENGANTAR
Puji syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Penyusun dapat
menyelesaikan Penyusunan Laporan Hasil Praktek Mengajar di RA Barokatussa’adah
Kp. Pangalengan, Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) yang merupakan salah satu Mata Kuliah S-1
PG.PAUD Semester IV (Empat). Dalam pemantapan, Mahasiswa merancang RKH dan
melaksanakan Praktek Pembelajaran.
Dalam penyusunan laporan ini banyak sekali bantuan
yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan
terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat : Ibu Eli, S.Pd., M.pd
selaku dosen mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) yang telah
meluangkan waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan ini.
Heryani, selaku kepala RA Barokatussa’adah yang telah memberi ijin dan
membimbing dalam pelaksanaan praktek mengajar di sekolahnya. Guru-guru RA Barokatussa’adah
selaku rekan kerja di RA Barokatussa’adah yang telah membantu kelancaran
pelaksanaan PKM dan penulisan laporan ini. Semua anak didik di Barokatussa’adah
yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKM dan penulisan laporan PKM ini.
Teman-teman yang selalu setia membantu dalam pencarian data, sehingga laporan
ini dapat tersusun. Teman-teman yang selalu setia membantu terlaksananya tugas
Mata Kuliah PKM ini. Ayah dan Ibu yang telah memberi dorongan dan bantuan baik
material maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini
dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini
masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik dari pembaca yang
budiman senantiasa kami harapkan. Semoga laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar
(PKM) ini bermanfaat bagi peningkatan pendidikan dan peningkatan kemampuan
mengajar penulis sebagai guru
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................
ii
KATA PENGANTAR...........................................................................................
iii
DAFTAR
ISI...........................................................................................................
v
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................
1
Latar
Belakang........................................................................................................
1
Tujuan Mengikuti
PKM..........................................................................................
3
Manfaat Mengikuti Mata
Kuliah PKM................................................................... 4
BAB II TEMUAN – TEMUAN
DALAM PEMBELAJARAN............................. 5
Pertemuan
ke-1........................................................................................................
5
Pertemuan
ke-2........................................................................................................
6
Pertemuan
ke-3........................................................................................................
7
BAB III KESIMPULAN DAN
SARAN............................................................... 8
BAB IV
PENUTUP..............................................................................................
10
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................
10
LAMPIRAN..........................................................................................................
10
LAPORAN HASIL
PRAKTEK MENGAJAR
DI RAUDHATUL ATHFAL
(RA) BAROKATUSSA’ADAH
KECAMATAN SALAWU
KABUPATEN TASIKMALAYA
Disusun
Oleh :
WINA AUDINA
8620714150080
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PANCA
SAKTI
BEKASI
2016
PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK MENGAJAR
Laporan ini disusun dan
diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar)
dengan data sebagai berikut :
Nama :
Wina Audina
NIM :
8620714150080
Tempat Pelaksanaan
Mengajar : RA Barokatussa’adah
Kelompok : A
Alamat
:
Kp.Pangalengan RT/RW 11/02
Waktu Pelaksanaan : 10 Maret 2016 sd/
12 Maret 2016
Telah diterima dan
disahkan sebagai syarat untuk mengikuti ujian PKM S1-PG.PAUD STKIP PANCASAKTI
Mengesahkan,
Kepala Sekolah
RA Barokatussa’adah
HERYANI
Mahasiswa
WINA
AUDINA
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
Pada hari ini Kamis Tanggl 13 Bulan Maret Tahun 2016 telah
diperiksa dan disahkan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar yang dilaksakan di
RA Barokatussa’adah Kp.Pangalengan Desa Kutawaringin Kec Salawu Kab.Tasikmalaya
Tanggal 10 Maret s/d 12 Maret 2016
Mahasiswa
WINA AUDINA
NIM. 8620714150080
Mengetahui,
Kepala Sekolah RA Barokatussa’adah Pembimbing
HERYANI, S.Pd ELI S.Pd., M.Pd.
NIP. …………….......... NIP.
……………..........
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN REFLEKSI
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )
Nama
Mahasiswa : WINA
AUDINA
N I
M : 8620714150080
Program
Studi :
S-1 PGPAUD
Salawu, 12 Maret 2016
Menyetujui
Pembimbing Mahasiswa
ELI S.Pd., M.Pd. WINA AUDINA
NIP.
……………………….. NIM. 8620714150080
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Pembuatan Laporan
Program pengajaran adalah suatu rencana pelaksanaan proses
belajar mengajar yang didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai,
bahan, metode, alat, alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses
belajar dan hasil belajar yang optimal. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional mengajar.
Guru dalam hal ini sangat penting dilakukan mengingat
profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Dalam mengajar
terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang
harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien mengaktifkan
siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar, merefisi pembelajaran agar
lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dilakukan
secara profesional. Sebab yang siswa terima dalam pembelajaran dapat
mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya.
Kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai
dan mengevaluasi peserta didik adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki
guru. Mengajar merupakan suatu keahlian professional seseorang yang harus
dibentuk melalui sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis, yang
dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mantap.
Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses
pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap
yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah.
proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah
dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat
dipantau secara bertahap dan sistematis pula.
Melalui mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ,
guru yang menjadi mahasiswa S1 PAUD dibekali dengan kemampuan mengelola
pembelajaran secara efektif. Kompetensi yang diharapkan pada mata kuliah ini
agar mahasiswa mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang pengajar
dan pendidik.
Seorang guru harus bisa mengevaluasi pembelajaran yang telah
dilakukannya untuk melihat dan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran yang
disampaikan kepada peserta didik. Untuk itulah kegiatan refleksi
sangat diperlukan.
Refleksi adalah kegiatan berfikir dan berdialog dengan diri
sendiri tentang perilaku mengajar yang telah, sedang, dan yang telah
dilakukannya. Dengan melakukan refleksi kesalahan dalam proses pembelajaran
akan cepat dianalisis dan diperbaiki sehingga hasil belajar siswa meningkat.
B.
Tujuan Mengikuti Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
Peran guru sangat penting dalam
menyiapkan generasi penerus yang unggul dalam masa mendatang, maka dari itu
diperlukan suatu pembelajaran yang khusus mata kuliah yang dapat menunjang guru
TK/RA dalam meningkatkan kualitas mengajarnya, salah satu mata kuliah itu
adalah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Adapun tujuan dalam mengikuti PKM
adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
2. Supaya dapat menjadi guru yang
profesional.
3. Berwawasan luas dalam pendidikan anak
usia dini.
4. Supaya lebih mampu mengenali
karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik.
5. Supaya dapat melaksanakan pembelajaran
secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran terpadu.
6. Supaya dapat mengidentifikasi
kelebihan dan kelemahannya di dalam mengajar melalui refleksi.
7. Supaya dapat memperbaiki
kekurangan-kekurangan dalam mengajar.
8. Supaya lebih mampu dalam menguasai
dan mengelola kelas.
9. Supaya dapat mempertanggungjawabkan
dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip keilmuan pendidikan
anak usia dini.
C.
Manfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM
Seorang guru TK/RA akan mendapatkan
manfaat setelah mengikuti mata kuliah PKM ini, antara lain :
1. Memiliki pengalaman belajar dalam
menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh melalui
tindak mengajar yang di praktekkan.
2. Mempunyai kemampuan untuk menilai
kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran,
serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam mengajar.
3. Terbiasa mengambil keputusan dan
melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4. Akan mempunyai kemampuan dalam
mengajar pendidikan anak kelompok A dengan usia 4-5 tahun dan kelompok B dengan
usia 5-6 tahun.
5. Akan dapat lebih memahami dalam
merancang dan menyusun RKH untuk anak
6. Dapat memiliki pengalaman belajar
yang lebih banyak dan lebih luas dalam mengelola kelas.
7. Akan lebih mampu mengadakan
fariasi-fariasi dalam metode pembelajaran dengan penggunaan media dan sumber
belajar yang ada di kelas.
8. Dapat mengetahui kekurangan-kekurangan dan kelebihan
dalam mengajar.
BAB
II
TEMUAN-TEMUAN
DALAM PEMBELAJARAN
A.
Pertemuan ke-1 Kamis, 10 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah:
Lambatnya dalam berkomunikasi terhadap
anak yang murung sehingga dalam melaksanakan tugas lamban. (ada salah satu anak
yang bernama Nuraziz tidak mau kedepan untuk membacakan Asmaul Husna bersama
teman-temannya)
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurang peka terhadap anak yang murung
tersebut sehingga komunikasi agak lamban. (Guru kurang sigap dalam mengatasi
anak yang tidak mau kedepan untuk membacakan Asmaul Husna bersama
teman-temannya)
3. Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah :
Dapat menciptakan kondisi anak-anak
dengan tertib dan terkendali. (anak anak duduk dengan rapi dan tidak ada yang
berlari-lari didalam kelas seperti biasanya)
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Sudah mempelajari Rencana Kegiatan
Harian yang dibuat sehari sebelum pembelajaran berlangsung juga dapat membujuk
anak yang murung untuk melakukan tugasnya walaupun agak lambat.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah :
Pada saat kegiatan Melompat dengan
ketinggian 25 cm, anak-anak berebut untuk melompat lebih dahulu.
6. Dengan memperhatikan proses
pembelajaran pada pertemuan ke-1, rencana beliau berikutnya adalah :
Ibu Santi harus belajar lebih peka
terhadap anak dan harus memberikan motivasi terhadap anak.
B.
Pertemuan ke-2 Jum’at, 11 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah :
Penggunaan alat/sumber belajar yang
kurang bervariasi. Dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan tema
keluargaku guru kurang memvariasikan alat dan sumber belajar anak hanya disuruh
menyebutkan anggota keluarga saja.
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurangnya kreatifitas guru dalam
menyiapkan alat/sumber belajar sehingga anak-anak kurang tertarik. Ada sebagian
anak yang bernama Resa dan Ramdan yang kurang memperhatikan proses belajar dan
malah asik sendiri mencorat coret meja
3. Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah :
Rekan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran
dengan tepat dari kegiatan awal sampai kegiatan inti dan dapat mencapai
indikator yang telah ditentukan walaupun ada anak yang lamban dalam
melaksanakan tugasnya.
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Rekan sudah mempelajari Rencana Kegiatan
Harian yang saya buat sehari sebelum pembelajaran berlangsung.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah :
Pada saat menyanyikan lagu semua siswa
siswi dengan gembiranya sambil bergaya dan berlenggak-lenggok.
6. Dengan memperhatikan proses pembelajaran
pada pertemuan ke-3, rencana berikutnya
adalah :
Rekan harus lebih mempersiapkan alat/sumber belajar yang
lebih bervariasi lagi. Misalnya dengan menyiapkan beberapa gambar keluarga,
atau anak disuruh membawa foto-foto keluarganya atau video tentang keluarga
sehingga anak merasa senang dan antusias mengikuti pelajaran
C.
Pertemuan ke-3 Sabtu, 12 Maret 2016
1. Kelemahan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah :
Kurangnya dalam pengelolaan kelas
sehingga ada anak yang menimbulkan masalah dan proses pembelajaran sedikit
terganggu dan ada salah satu anak yang tidak mau melakukan kegiatan mencocok.
Ada anak yang bernama Sahrul yang tidak mau mengikuti kegiatan mencocok bentuk buah Apel dan malah
berlari-lari dalam kelas sehingga menggangu proses pembelajaran
2. Kelemahan tersebut terjadi karena :
Kurang memahami dan memberi respon
positif pada anak yang menyebabkan masalah. Guru kurang dapat membujuk anak
yang terus berlari didalam kelas
3. Kelebihan yang saya temukan selama
proses pembelajaran adalah :
Anak-anak cukup baik dalam melaksanakan
tugasnya, walaupun sempat terjadi keributan sedikit.
4. Kelebihan tersebut terjadi karena :
Rekan dapat memusatkan kembali perhatian
anak-anak, sehingga mereka berhenti dari keributan dengan memberikan acungan
jempol dan memberi cap bintang di tangan bagi anak-anak yang mau melakukan
tugasnya.
5. Hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran adalah :
Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung
anak yang bernama Azka tidak mau melempar bola masuk keranjang basket namun dia
mempunyai inisiatif untuk menggantikan tugas melempar dengan mewarnai gambar
buah apel yang tadi telah dicocoknya walaupun tidak begitu rapi.
6. Dengan memperhatikan proses pembelajaran
pada pertemuan ke-4, rencana saya berikutnya adalah :
Rekan lebih mempelajari lagi
karakteristik anak-anak, harus lebih melakukan pendekatan dan motivasi lagi
terhadap anak yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
BAB
III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil pelaksanaan
praktek pengajaran yang telah saya lakukan, dapat saya ambil kesimpulan sebagai
berikut :
1. Secara umum kelemahan pembelajaran
yang dilakukan adalah :
a . Media pembelajaran yang digunakan terlalu kecil.
b. Kurang memahami karakter anak.
c . Dalam penggunaan alat/sumber belajar
kurang bervariasi.
d. Pengelolaan kelas yang masih banyak
mengalami kekurangan
2. Secara umum penyebab kelemahan
tersebut adalah :
a. Kurang persiapan dalam pembelajaran
baik di alat, sumber maupun media pembelajaran.
c. Dalam hal kreativitas masih banyak kekurangan.
d. Belum sepenuhnya memahami dan
mengenali karakter anak satu per satu.
3. Secara umum kelebihan pembelajaran
yang dilakukan adalah :
a. Rekan dapat memusatkan kembali
perhatian anak-anak sehingga dapat tercipta suasana yang tertib dan terkendali.
b. Penataan kegiatan alokasi waktu
proses dan hasil belajar tepat dan efektif.
c. Komunikatif dan pendekatan terhadap
anak sehingga mereka dapat menyelesaikan tugasnya.
4. Secara umum penyebab kelebihan
tersebut adalah :
a. Sebelum pembelajaran berlangsung
rekan sudah menyusun Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang merupakan penjabaran
dari Rencana Kegiatan Mingguan dan sudah mempelajarinya.
b. Rekan selalu memberikan penghargaan
dan motivasi terhadap anak.
5. Rangkuman perbaikan pembelajaran yang
telah dilakukan adalah :
a. Harus selalu menambah wawasan dan
meningkatkan keterampilan tentang pembelajaran dan pendidikan anak usia dini.
b . Harus lebih mempersiapkan media pembelajaran yang
akan digunakan.
c. Harus lebih aktif berkomunikasi
dengan anak-anak.
B.
Saran dan Tindak Lanjut
Berdasarkan kesimpulan tersebut diatas,
hal-hal yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran adalah :1. Pendidik hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang
dapat memotivasi anak.
2. Sebelum pembelajaran berlangsung,
pendidik hendaknya menguasai materi terlebih dahulu.
3. Sebelum pembelajaran berlangsung,
pendidik hendaknya mempersiapkan alat/sumber belajar yang akan digunakan.
4. Dalam menyampaikan materi, hendaknya
dibantu dengan benda konkrit.
5. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik
dituntut untuk kreatif dan inovatif.
6. Pendidik harus bisa mengembangkan
indikator-indikator dalam membuat kegiatan
pembelajaran.
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari
/ Tgl / Waktu: Kamis, 10 Maret 2016 Kelompok/Semester/Minggu
: A / II / 2 Tema /
Sub.Tema : Pekerjaan / Pedagang / Warung Nasi
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Disiplin
|
Pembiasaan
|
Berbaris,
Ikrar
|
|||||
Religius
|
1.1.1.1
|
Membaca
do’a sebelum kegiatan
|
Berdo’a
sebelum belajar
|
||||
ASK
|
|||||||
1.9.1.47
|
Berani
tampil di depan umum
|
Bernyanyi
lagu tema pekerjaan di depan temen teman
|
Langsung
|
||||
PAI
|
|||||||
2.2.2.21
|
Menirukan
gerakan shalat
|
Praktek
shalat dhuha
|
Mukena,sarung
|
||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.3.4.14
|
Berjalan
maju pada garis lurus
|
Berjalan
diatas meja
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.6.1.14
|
Menjawab
pertanyaan tentang informasi sederhana
|
Menjawab
pertanyaan tentang kegunaan dari nasi yang diketahui anak, rasanya bagaimana,
dll
|
Langsung
|
||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.3.1.5
|
Mengungkapkan
asal mula terjadinya sesuatu
|
Mengungkapkan
asal mula terjadinya / proses pembuatan nasi dari asalnya padi hingga menjadi
nasi.
|
Gambar
|
||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, Makan, Minum
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.3.52
|
Mengekspresikan
diri secara bebas
|
Menirukan
beberapa gerakan pohon tertiup angin
|
Langsung
|
||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
rambut
|
|||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 10 Maret 2016
Mengetahui
Kepala RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI SANTI
PURWANTI
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari
/ Tgl / Waktu: Jum’at, 11 Maret 2016 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 2 Tema / Sub.Tema : Pekerjaan /
Pengendara / Sopir
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.3.1.6
|
Meminta
tolong dengan baik
|
Mau
meminta tolong dengan lembut dan baik ketika membutuhkan bantuan orang lain,
termasuk saat naik dan turun mobil
|
Langsung
|
||||
PAI
|
|||||||
2.1.1.1
|
Menyebutkan
beberapa ciptaan Allah
|
Menyebutkan
manusia sebagai ciptaan allah termasuk beberapa pekerjaan yang diketahui anak
salah satunya pekerjaan sebagai sopir
|
Langsung
|
||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.12.3.52
|
Mengekspresikan
diri secara bebas
|
Menirukan
gerakan berjalan maju dengan berlenggak lenggok ke kanan dan kiri seperti
gerakan mobil
|
Langsung
|
||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.15.1.42
|
Bercerita
tentang gambar yang di sediakan
|
Bercerita
tentang warna- warna dari beberapa mobil yang ada di gambar yang disediakan
guru
|
Gambar
mobil
|
||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.3.1.5
|
Menceritakan
perbedaan dua buah benda
|
Menceritakan
perbedaan sopir dan kondektur
|
Gambar
|
||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, Makan, Minum
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.9.1.38
|
Mencocok
dengan pola buatan guru
|
Mencocok
bentuk mobil
|
Gambar
mobil, bolpoint
|
||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
rambut
|
|||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 11 Maret 2016
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI SANTI PURWANTI
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari
/ Tgl / Waktu: Sabtu, 12 Maret 2016 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 2 Tema
/ Sub.Tema : Pekerjaan / Pengendara / Pilot
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.3.2.23
|
Memiliki
toleransi terhadap sesama
|
Menerangkan
keharusan tentang saling tolong menolong dengan teman sekelas
|
Langsung
|
||||
PAI
|
|||||||
2.1.1.3
|
Menyebutkan
beberapa asmaul husna
|
Melafalkan
bacaan asmaul husna sesuai yang di ketahui anak
|
Langsung
|
||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.3.2.8
|
Meloncat
dari ketinggian 20-30 cm
|
Meloncat
dari ketinggian 30 cm
|
Langsung
|
||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.5.1.13
|
Mengulangi
kalimat sederhana
|
Mengulangi
kalimat yang di ucapkan guru
“Cita-cita
Budi ingin menjadi Pilot”
|
Langsung
|
||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.18.1.59
|
Meniru
pola dengan berbagai bentuk
|
Menggambar
pilot sesuai dengan pola yang di berikan guru
|
Pola
gambar pilot, pensil
|
||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, Makan, Minum
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.9.1.38
|
Mencocok
dengan pola buatan guru
|
Mencocok
bentuk seorang Pilot
|
Gambar
pilot, bolpoint
|
||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
kuku
|
|||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 12 Maret 2016
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI SANTI PURWANTI
BAB
IV
PENUTUP
Puji syukur yang tiada henti penulis
ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga penulis
telah dapat menyelesaikan laporan hasil kegiatan praktek mengajar di RA
Barokatussa’adah Kp. Pangalengan Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten
Tasikmalaya. Penulis menyadari dalam penyusunan laporan PKM masih banyak
kekurangan dan kekeliruan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan sumbang
saran yang membangun. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi yang
membacanya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya
penulis ucapkan terimakasih.
DAFTAR PUSTAKA
Literatur : Tim PKM
PGPAUD.
Panduan Mata Kuliah
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) Program S1
PGPAUD STKIP PANCASAKTI.
http//www.beritabaru.RachmatEffendi seputar Pemantapan
Kemampuan Mengajar
PeraturanPemerintah No.16 Tahun 2007 tentang StandarKualifikasiakademikdanKompetensi
guru.
DepartemenPendidikanNasional 2002 Tentang StandarKompetensi
Guru Kelas SD / Mi
Coper, JM, Dkk. 1997 Classroom Teaching Skills.
A. Handbool. Massachusetts : D.C. Heats and Company
Tim FKIP-UT. 1987. AlatPenilaianKemampuan Guru
(APKG).Jakarta : FKIP-UT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar