RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Kamis, 30 Juli
2015 Kelompok/Semester/Minggu
: A / 1/ II Tema / Sub.Tema : Diri sendiri /
Jenis Kelamin
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
Kerja
keras
|
Kerja
keras
|
1.9.1.47
|
Berani
tampil di depan umum
|
Berani
memperkenalkan diri di depan temen teman sekelas
|
Langsung
|
||
PAI
|
|||||||
Religius
|
Berorientasi
pada tindakan
|
2.2.2.21
|
Menirukan
gerakan shalat
|
Menirukan
gerakan shalat sunat dhuha ( praktek shalat Dhuha )
|
Mukena,
Sarung,
|
||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
Kerja
keras
|
Kerja
keras
|
5.3.3.11
|
Berlari
Cepat
|
Berlari
secara cepat mengelilingi lapangan sebanyak 2 kali putaran
|
Langsung
|
||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
Bersahabat/
komunikatif
|
Komunikatif
|
3.7.1.18
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan
|
Bercerita
tentang perbedaan antara anak laki – laki dan perempuan yang terdapat pada
gambar
Missal
: Laki-laki rambutnya pendek
Perempuan rambutnya panjang
Laki-laki memakai celana
Perempuan memakai Rok, dll.
|
Gambar
anak laki-laki dan Perempuan
|
||
KOGNITIF
|
|||||||
Rasa
ingin tahu
|
Rasa
ingin tahu
|
4.3.1.4
|
Mengungkapkan
sebab akibat
Misalnya
: mengapa sakit gigi? Mengapa kita lapar, dsb
|
Mengungkapkan
sebab-sebab mengapa kita sakit gigi
Misalnya
: Terlalu banyak makan permen, Jarang menggosok gigi, dll
|
Langsung
|
||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.3.1
|
Mengerak
gerakan kepala, tangan, kaki sesuai irama music ritmik
|
Bernyanyi
sambil menari sesuai dengan iringan music/Lagu AKU
|
Tape
Recorder
|
||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
kesehatan gigi
|
|||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Salawu,
30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru Kelompok A
WINA
AUDINA HERYANI,
S.Pd.,
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Jum’at 31 Juli
2015 Kelompok/Semester/Minggu
: A / 1 / 3 Tema /
Sub.Tema : Panca Inderaku / Mata
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
Cinta
damai
|
Komunikatif
|
1.2.1.1
|
Berbicara
yang baik dan sopan dengan sesama teman
|
Menerangkan
perilaku yang baik dengan sesama teman
Misal
: Meminta tolong dengan kata yang baik dan
Sopan Ketika membutuhkan bantuan
teman
Berbicara dengan kata – kata yang
lembut
/baik ketika berdiskusi dengan
teman
|
Langsung
|
||
PAI
|
|||||||
Religius
|
Rasa
ingin tahu
|
2.2.2.22
|
Melafalkan
bacaan shalat
|
Melafalkan
bacaan shalat :
Melafalakan
Niat shalat Dzuhur
Melafalkan
Niat Shalat Ashar
|
Langsung
|
||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
Kerja
keras
|
Pantang
menyerah
|
5.3.4.12
|
Berlari
sambil melompat
|
Berlari
kearah buku yang digantugkan guru kemudian melompat untuk mengambilnya
|
|||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
Rasa
Ingin tahu
|
3.15.1.42
|
Meniru
Huruf
|
Menebalkan
huruf B dan U pada LKA Kemudian meniru/menuliskan huruf tersebut pada kolom
yang tersedia
|
||||
KOGNITIF
|
|||||||
Gemar
membaca
|
4.14.1.35
|
Menunjuk
lambang huruf disekitar anak
|
Menunjuk
lambang huruf B dan U pada alat peraga ( Poster Huruf ) yang ada di kelas
|
||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.2.83
|
Menyanyikan
15 lagu anak - anak
|
Bernyanyi
lagu anggota tubuh “ Dua Mata Saya “
Sambil
menunjuk anggota tubuh yang disebutkan dalam nyanyian
Misal
: Mata, Hidung, Telinga, Kaki
|
|||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
Rambut
|
Memeriksa
rambut anak yang kurang rapi
|
||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 31 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Sabtu
01 Agustus 2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / 1 / 3 Tema
/ Sub.Tema : Diri Sendiri / Panca Inderaku / Telinga
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
Religius
|
1.1.1.6
|
Bersyukur
atas kelebihan dan prestasi yang telah dicapai
|
Menerangkan
kepada anak tentang pentingnya bersyukur atas kondisi tubuh yang normal,
telinga mampu mendengar secara normal
|
||||
PAI
|
|||||||
Religius
|
2.2.1.15
|
Mengucapkan
syahadat tauhid
|
Mengucapkan
syahadat tauhid beserta dengan artinya
|
||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
Kerja
keras
|
5.3.3.11
|
Berlari
Cepat
|
Melakukan
permainan lomba balap lari antar anak dan siapa yang paling cepat sampai
tujuan dia pemenangnya
|
||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
3.3.1.6
|
Mendengarkan
cerita secara sederhana
|
Menceritakan
cerita “ Kisah Anak Tuli Yang Jujur “ kemudian menyampaikan pelajaran/teladan
yang dapat diambil dari kisah tersebut
|
||||
KOGNITIF
|
|||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
4.12.1.29
|
Membilang
banyak benda dari 1 - 10
|
Membilang
banyak gambar telinga pada LKA kemudian mewarnainya
|
||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
Kreatif
|
5.10.1.40
|
Merobek
kertas
|
Merobek
kertas kemudian menempelkannya pada gambar membentuk sebuah telinga
(
kolase gambar telinga )
|
||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
kesehatan kuku
|
Memeriksa
kuku anak yang kotor
|
||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 01 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Kamis
06 Agustus 2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 1 Tema / Sub.Tema : Diri
sendiri / Panca Inderaku / Kepala
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
Membaca
Asmaul husna
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.9.1.47
|
Berani
tampil di depan umum
|
Melafalkan
bacaan Asmaul Husna di depan teman – teman sekelas sesuai yang diketahui anak
|
|||||
PAI
|
|||||||
2.2.2.21
|
Menirukan
gerakan shalat
|
Menirukan
gerakan Shalat :
Praktek
shalat sunat Dhuha
|
|||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.3.4.14
|
Melompat,
Meloncat dan Berlari dengan rintangan
|
Melakukan
gerakan melompat mengelilingi kelas dan melakukannya secara berulang
(
2 kali putaran )
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.2.1.1
|
Melakukan
2 Perintah secara sederhana
|
Menebalkan
pola gambar kepala pada LKA kemudian mewarnainya
|
|||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.8.1.19
|
Meniru
pola dengan menggunakan berbagai bentuk
|
Meniru
pola gambar kepala pada LKA
|
|||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan, minum
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.3.52
|
Mengekspresikan
diri secara bebas
|
Melakukan
senam
“ Senam Anak Shaleh “
|
|||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Makan
makanan yang mengandung Gizi seimbang
|
Makan
bersama bekal yang dibawa dari rumah
|
||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 06 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari
/ Tgl / Waktu: Jum’at 07 Agustus 2015
Kelompok/Semester/Minggu : A / II / II Tema / Sub.Tema : Diri Sendiri / Panca
Inderaku / Badan
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.2.2.12
|
Berpakaian
yang rapi dan sopan disesuaikan dengan keperluan
|
Menyampaikan
pentingnya menaati tata tertib sekolah
Misalnya
: Memakai seragam yang rapi kesekolah
|
|||||
PAI
|
|||||||
2.2.2.19
|
Menyebutkan
nama – nama shalat
5
waktu
|
Menyebutkan
nama nama shalat dalam sehari semalam ada lima yaitu shalat Dhuhur, Ashar,
Maghrib, Isya dan Shubuh
|
|||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.5.1.20
|
Berjalan
maju pada garis lurus
|
Berjalan
maju pada garis lurus dengan mata tertutup oleh kain
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.15.1.41
|
Menebalkan
Huruf
|
Menebalkan
Huruf Vokal yang ada pada LKA kemudian meniru/menuliskannya pada kolom yang
tersedia
|
|||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.11.1.27
|
Membilang,
menyebutkan urutan bilangan 1 - 10
|
Membilang
jumlah orang / teman yang ada di dalam kelas
|
|||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.3.51
|
Menggerak
gerakan tangan, kaki, sesuai iringan musik
|
Menggerakan
badan mulai dari serong ke kanan, kiri, kemudian posisi membungkuk sesuai
dengan iringan musik
|
|||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pengukuran
tinggi badan
|
Mengukur
tinggi badan anak
|
||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 07 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Sabtu, 08 Agustus
2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / II Tema / Sub.Tema : Diri Sendiri / Panca
Inderaku / Tangan
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.2.3.13
|
Tidak
mengganggu teman
|
Menjelaskan
pentingnya hidup rukun dengan sesama teman
Misalnya
: Tidak mengganggu teman yang sedang bermain
|
|||||
PAI
|
|||||||
2.2.1.15
|
Mengucapkan
kalimat syahadat
|
Mengucapkan
2 kalimat yahadat
-
Syahadat Tauhid
-
Syahadat Rasul
Beserta dengan artinya
|
|||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.2.1.14
|
Memanjat,
Bergantung dan Berayun
|
Bermain
diluar ruangan ( dalam Mainan )
-
Memanjat Papan seluncur
-
Bergantung pada papan ayunan
-
Mengayun diatas ayunan
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.6.1.14
|
Menjawab
pertanyaan tentang Apa, Siapa, Dimana, dan Mengapa
|
Menjawab
Pertanyaan tentang :
-
Apa Kegunaan tangan
-
Berapa jari tangan yang dimiliki
anak
-
Siapa yang menciptakan/memberikan
tangan? , dll.
|
|||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.13.1.32
|
Menunjuk
lambang bilangan 1 - 10
|
Menunjuk
lambang bilangan 2 Kemudian menulikannya pada buku
|
|||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.3.89
|
Mengekspresikan
diri dalam berbagai gerakana Variasi
|
-
Menggerak gerakan telapak tangan
-
Memutarkan tangan ke depan lalu ke belakang secara berulang - ulang
|
|||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
kesehatan kuku
|
|||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 31 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar