RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Kamis, 13 Agustus 2015
Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema
/ Sub.Tema : Tanah Airku / Benderaku /
Warna dan Arti warna
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
|
|
|
|
Iqra
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbaris,
Ikrar
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdo’a
sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
ASK
|
|
|
|
|
|
1.2.3.16
|
Senang
bersikap jujur
|
-
Bercerita tentang Kisah Seekor
Monyet yang licik dan Petani yang jujur
-
Menyampaikan teladan yang dapat
diambil dari cerita yang telah dibacakan
|
|
|
|
|
|
|
|
PAI
|
|
|
|
|
|
2.2.10.35
|
Menyebutkan
beberapa kalimat Tayyibah
|
Mengucapkan
kalimat :
-
Subhanallah
-
Alhamdulillha
-
Laa ilaha illallah
-
Allahu Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK KASAR
|
|
|
|
|
|
5.5.1.23
|
Melakukan
gerakan menghindar dari hal – hal yang
berbahaya
|
Bergerak
secara sigap menghindari bola yang dilemparkan guru
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA
|
|
|
|
|
|
3.6.1.14
|
Menjawab
pertanyaan tentang informasi / kejadian sederhana
|
Memberi pertanyaan kepada anak tentang Apa warna
Bendera Negara Republik Indonesia ?
Lalu
Guru Menerangkan Ari dari warna
tersebut yaitu :
-
Merah : Berani
-
Putih :
Suci
|
|
|
|
|
|
|
|
KOGNITIF
|
|
|
|
|
|
4.8.1.20
|
Memperkirakan
urutan berikutnya setelah melihat bentuk dua pola yang berurutan
Misalnya
: Merah - Putih
|
Memasangkan
warna Merah dan Putih sehingga membentuk bendera sesuai dengan contoh yang
diperlihatkan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuci
tangan, makan
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Kegiatan Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK HALUS
|
|
|
|
|
|
5.8.2.30
|
Membuat
Segi Empat
|
Menggunting
kertas membentuk Segi empat
|
|
|
|
|
|
|
|
KESEHATAN FISIK
|
|
|
|
|
|
|
Pemeriksaan
Rambut
|
Memeriksa
rambut anak yang kurang rapi
|
|
|
|
|
|
|
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
untuk besok
|
|
|
|
|
|
|
|
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
-Tutup/Pulang
|
|
|
|
Kutawaringin, 13 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari
/ Tgl / Waktu: Jum’at, 14 Agustus 2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema / Sub.Tema : Tanah Airku /
Benderaku / Bendera
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
|
|
|
|
Iqra
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbaris,
Ikrar
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdo’a
sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
ASK
|
|
|
|
|
|
1.3.1.1
|
Berlatih
hormat pada Orangtua, Guru, atau Orang dewasa lainnya
|
-
Melaksanakan perintah guru
-
Tidak mengobrol saat guru sedang
menerangkan
-
Melakukan apa yang ibu dan ayah
suruh durumah
-
Menyapa dan memberi salam apabila
bertemu orang yang lebih tua dari kita
|
|
|
|
|
|
|
|
PAI
|
|
|
|
|
|
2.2.4.25
|
Menyebutkan
arti Shadaqah
|
Menerangkan
tentang arti shadaqah dan menganjurkan kepada anak anak untuk saling memberi
antar teman maupun orang yang membutuhkan
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK KASAR
|
|
|
|
|
|
5.5.1.21
|
Berjalan
di atas papan titian, Berjalan secara berjinjit
|
Mampu
berjalan diatas papan titian tanpa jatuh
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA
|
|
|
|
|
|
3.5.1.11
|
Menirukan
kalimat yang disampaikan secara sederhana
|
Menirukan
kalimat yang diucapkan guru :
“Bendera
Negara Indonesia Berwarna Merah Putih”
Kemudian
mengulanginya sebanyak 5 Kali
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOGNITIF
|
|
|
|
|
|
4.11.1.27
|
Membilang
banyak benda dari 1 – 10
|
-
Membilang banyak gambar pendera
pada buku LKA kemudian menuliskan jumlahnya
-
Mewarnai gambar Bendera pada LKA
|
|
|
|
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuci
tangan, makan
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Kegiatan Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK HALUS
|
|
|
|
|
|
5.12.1.46
|
Menciptakan
bentuk dari kepingan geometri
|
Menciptakan
bentuk dari beberapa kepingan geometri sesuai yang diinginkan anak sehingga
membentuk sebuah hasil karya yang menarik
|
|
|
|
|
|
|
|
KESEHATAN FISIK
|
|
|
|
|
|
|
Pemeriksaan
Kesehatan gigi
|
-
Memeriksa gigi anak
-
Menganjurkan untuk rajin
menggosok gigi terutama ssebelum tidur
|
|
|
|
|
|
|
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
untuk besok
|
|
|
|
|
|
|
|
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
-Tutup/Pulang
|
|
|
|
Kutawaringin, 14 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Sabtu 15 Agustus 2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema / Sub.Tema : Tanah Airku / Benderaku / Bentuk Bendera
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
|
|
|
|
Iqra
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbaris,
Ikrar
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdo’a
sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
ASK
|
|
|
|
|
|
1.3.1.18
|
Mau
mengalah
|
-
Menerangkan tentang keharusan
memiliki sifat saling mengasihi dan mau mengalah
-
Bercerita Tentang seorang Raja
yang bijaksana dan dan Saudagar kaya yang serakah
-
Menerangkan teladan yang dapat
diambil dari kisah yang diceritakan
|
|
|
|
|
|
|
|
PAI
|
|
|
|
|
|
2.2.4.25
|
Mempraktikan
Shadaqah
|
Mau
berbagi Makanan, Minuman, ataupun lainnya dengan sesama teman
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK KASAR
|
|
|
|
|
|
5.4.1.15
|
Melambung,
menangkap bola, kantong biji, bola dan lain – lain
|
-
Melambungkan bola setinggi dan
sejauh mungkin
-
Menangkap bola yang dilambungkan
oleh Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA
|
|
|
|
|
|
3.5.1.42
|
Meniru
Huruf
|
Menulis
kata BENDERA
|
|
|
|
|
|
|
|
KOGNITIF
|
|
|
|
|
|
4.6.2.12
|
Menunjuk
sebanyak banyaknya benda menurut cirri cirri tertentu
|
Menyampaikan
ciri cirri Bendera NKRI :
-
Berbentuk perseri panjang
-
Berwarna Merah Putih
|
|
|
|
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuci
tangan, makan
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Kegiatan Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK HALUS
|
|
|
|
|
|
5.12.1.44
|
Menyusun
menara dari Kubus minimal 8 kubus
|
Menyusun
menara dari kubus
|
|
|
|
|
|
|
|
KESEHATAN FISIK
|
|
|
|
|
|
|
Mengukur
berat badan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
untuk besok
|
|
|
|
|
|
|
|
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
-Tutup/Pulang
|
|
|
|
Kutawaringin, 15 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar