RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Kamis, 20 Agustus 2015
Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema
/ Sub.Tema : Tanah Airku / Negaraku /
Presiden / W.Presiden
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.1.1.4
|
Adab
mendengar Adzan dan Iqamat
|
Terbiasa
duduk rapi hidmat dan tidak berisik saat mendengar adzan juga menjawab ketika
mendengar adzan
|
|||||
PAI
|
|||||||
2.2.5.28
|
Menyebutkan
arti shaum
|
Menerangkan
pada anak arti dari shaum / berpuasa
|
|||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.4.1.17
|
Melempar
dengan berbagai media
Misal
: Kertas, Balon ke tempat yang telah ditentukan
|
-
Melempar bola ke depan
-
Melempar bola ke belakang
-
Melempar bola ke atas
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.4.1.10
|
Menyebutkan
sifat – sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah di dengarkan
|
-
Guru menceritakan Biorgapi
Presiden pertama Negara RI
-
Anak menyebutkan sifat presiden
yang tadi diceritakan guru
-
Guru Menyampaikan tentang
presiden NKRI yang sekarang
|
|||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.7.2.17
|
Mengelompokan
benda yang sejenis
|
Mengelompokan
apa saja lambang Negara yang ada pada LKA
kemudian mewarnainya
|
|||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
5.12.2.20
|
Bermain
dengan berbagai alat perkusi sederhana
|
Memainkan/memukul
alat perkusi sederhana yang telah dibuat di kelas
|
|||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
Pemeriksaan
kesehatan kuku
|
Memeriksa
kuku anak yang kotor
|
||||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 20 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Jum’at 21 Agustus 2015
Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema
/ Sub.Tema : Tanah Airku / Negaraku / Nama Ibu Kota Negara
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
Iqra
|
|||||||
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|||||||
Berbaris,
Ikrar
|
|||||||
Berdo’a
sebelum belajar
|
|||||||
ASK
|
|||||||
1.3.1.21
|
Terbiasa
mengucapkan terimakasih
|
Terbiasa
mengucapkan terimakasih ketika menerima sesuatu dari orang lain dan ketika
mendapatkan pertolongan orang lain
|
|||||
PAI
|
|||||||
2.2.6.50
|
Menyebutkan
arti shalat Ied
|
Menerangkan
arti dari Shalat Idul Fitri
|
|||||
MOTORIK KASAR
|
|||||||
5.7.1.28
|
Naik
turun tangga 2 – 5 anak tangga
|
Menaiki
dan menuruni tangga tanpa bantuan
|
|||||
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|||||||
BAHASA
|
|||||||
3.7.1.17
|
Bercerita
menggunakan kata ganti Aku, Saya
|
Guru
menyebutkan nama dari ibu kota Negara Indonesia Kemudian meminta anak untuk
bercerita mengenai kota, desa, dan kampung asal mereka masing - masing
|
|||||
KOGNITIF
|
|||||||
4.14.1.37
|
Membaca
gambar yang memiliki kalimat / kata sederhana
|
Membaca
dan menyebutkan huruf vocal yang terdapat pada kata Indonesia dan Jakarta
|
|||||
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|||||||
Cuci
tangan, makan
|
|||||||
Bermain
|
|||||||
IV. Kegiatan Akhir
|
|||||||
MOTORIK HALUS
|
|||||||
KESEHATAN FISIK
|
|||||||
5.10.1.34
|
Meniru,
melipat kertas sederhana 5-6 lipatan
|
Melipat
kertas membentuk pakaian/jas
|
|||||
EVALUASI
|
|||||||
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|||||||
Informasi
untuk besok
|
|||||||
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|||||||
-Tutup/Pulang
|
Kutawaringin, 21 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
RA
BAROKATUSSA’ADAH
Hari / Tgl / Waktu: Sabtu, 22 Agustus 2015 Kelompok/Semester/Minggu : A / II / 3 Tema / Sub.Tema : Tanah Airku / Negaraku / Lambang Negara
NILAI
|
Nomor
Indikator
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT
/ SUMBER
|
PENILAIAN
|
||
Karakter
|
Kewirausahaan
|
Alat
|
Hasil
|
||||
|
|
|
|
Iqra
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Kegiatan Awal ( 30 menit
)
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbaris,
Ikrar
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdo’a
sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
ASK
|
|
|
|
|
|
1.3.1.22
|
Meminta
tolong dengan baik
|
Terbiasa
meminta tolong dengan baik saat butuh pertolongan guru, teman, orangtua
ataupun lainnya
|
|
|
|
|
|
|
|
PAI
|
|
|
|
|
|
2.2.5.29
|
Berlatih
shaum
|
Menerangkan
kenaikan dan manfaat berlatih shaum
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK KASAR
|
|
|
|
|
|
5.7.1.27
|
Bermain
dalam simpai
(
Bebas melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai )
|
Melompat
dalam simpai
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
BAHASA
|
|
|
|
|
|
3.14.1.47
|
Membuat
gambar / coretan mengenai gambar yang dibuatnya
|
Mengarsir
gambar lambang Negara pada LKA
|
|
|
|
|
|
|
|
KOGNITIF
|
|
|
|
|
|
14.12.1.29
|
Membilang
dan menunjuk benda
(
Menganal konsep bilangan ) 1 - 10
|
Membilang
banyak kursi yang ada dikelas
Membilang
banyak meja yang ada dikelas
|
|
|
|
|
|
|
|
III. ISTIRAHAT ( 30 menit )
|
|
|
|
|
|
|
|
Cuci
tangan,
|
|
|
|
|
|
|
|
Makan
|
|
|
|
|
|
|
|
Minum
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Kegiatan Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
MOTORIK HALUS
|
|
|
|
|
|
5.12.3.88
|
Mengikuti
gerakan tari sederhana sesuai irama music
|
Mengikuti
gerakan tari sederhana sesui peragaan Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
KESEHATAN FISIK
|
|
|
|
|
|
|
Pengukuran
lingkar Kepala
|
|
|
|
|
|
|
|
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
-Berdiskusi
dengan anak tentang kegiatan hari ini dan
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
untuk besok
|
|
|
|
|
|
|
|
-Do’a
sesudah kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
-Tutup/Pulang
|
|
|
|
Kutawaringin, 22 Agustus 2015
Mengetahui
Kepala
RA Barokatussa’adah Guru
kelompok A
HERYANI WINA AUDINA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar